SHARIA ECONOMIC TRAINING 1

 Peran Ekonom Muda dalam Pengembangan dan Penerapan Ekonomi Syariah di Era Pandemi.



Magelang, 03 Januari 2021. Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Husain (STAIA) Syubbanul Wathon Magelang yang bernama KSEI ASWAT mengadakan kegiatan Sharia Economic Training 1 (SET 1) dengan tema “Peran Ekonom Muda dalam Pengembangan dan Penerapan Ekonomi Syariah di Era Pandemi” yang berlangsung di aula STAIA Syubbanul Wathon yang dihadiri oleh Koordinator Regional FoSSEI Jawa Tengah Fauzi Zainul Mustakim. Pembukaan kegiatan ini dilaksanakan dengan hikmat dan lancar tanpa ada halangan apapun.

Materi pertama di bawakan oleh Demisioner KSEI ASWAT Endi Nugoro, S.E. yang menjelaskan mengenai sejarah KSEI ASWAT, hal-hal yang ada di dalam KSEI ASWAT, kegiatan-kegiatan positif seperti kajian rutin yang di adakan oleh KSEI ASWAT STAIA Syubbanul Wathon.



              Selain itu Pak Endi juga menjelaskan beberapa kegiatan yang ada diluar kampus seperti Rakerkom, Mureg, Muskom, Temilreg dan sebagainya. Pak Endi merupakan Ketua KSEI ASWAT pertama di STAIA maka dari itu beliau masih sering memberikan arahan, pembinaan, dan masukan untuk kemajuan KSEI ASWAT STAIA Syubbanul Wathon.



Materi kedua mengenai Ke-FoSSEIan yang dibawakan oleh ketua Regional FoSSEI Jawa Tengah yang menjelaskan sejarah FoSSEI, fungsi adanya FoSSEI, hubungan antara FoSSEI dan KSEI yang ada di Jawa Tengah, seperti apa langkah gerak FoSSEI dalam menjalankan tugas yang telah di amanahkan, dan seperti apa sistem pengkaderan yang ada dalam FoSSEI Komisariat Jawa tengah.

 

Materi ketiga yang dibawakan oleh Dosen STAIA Syubbanul Wathon Bapak Dr. H. Ahmad Mustofa, M.S.I yang menjelaskan mengenai peran ekonom muda dalam pengembanagn dan penerapan economic sharia di era pandemic Covid-19

Setelah selesai semua penyampaian materi, berikutnya peserta mengikuti FGD (Focus Grup Discussion) dimana semua peserta SET 1 dibentuk menjadi beberapa kelompok dan didampingi oleh 1 fasilitator dari KSEI ASWAT untuk mereview kembali materi-materi yang telah disampaikan.



Tidak hanya itu, dalam kegiatan SET 1 ini juga turut mengundang alumni KSEI ASWAT yang sekarang menjabat sebagi Manager Bank Wakaf Mikro (BWM) Syubbanul Wathon Maslahah. BWM merupakan Lembaga keuangan mikro Syariah yang berbadan hukum koperasi. BWM tidak hanya memberikan modal usaha saja tapi juga memberikan pendampingan usaha di setiap minggunya.

Dengan adanya kegiatan SET 1 ini diharapkan para kader, para ekonom muda, mahasiswa dan semua generasi muda mendapatkan wawasan bahwa ekonomi syariah itu sangat berperan dalam segala aspek kehidupan.

Post a Comment

Previous Post Next Post